Tip Dan Trik Untuk Meningkatkan Pengaturan WiFi Dalam Ruangan Anda

Indihome paket phoenix – Penggunaan internet telah menjadi hal yang esensial dalam proses bisnis perusahaan. Saat koneksi internet terputus, kinerja mungkin terhambat atau terganggu sepenuhnya. Oleh karena itu untuk mengurangi kerugian, selain mencari ISP yang berkualitas dengan layanan yang terjamin, juga disarankan untuk memperhatikan perangkat yang digunakan,

Salah satu metode yang digunakan untuk mendistribusikan sinyal Internet di kantor adalah dengan menggunakan indihome WiFi menggunakan access point. Tidak hanya kualitas dari access point itu sendiri, namun cara yang baik dan benar dalam memasang access point tersebut tentunya dapat semakin meningkatkan kinerja access point tersebut. Berikut beberapa tip yang harus diikuti untuk meningkatkan pengaturan WiFi di ruangan dalam ruangan.

1. Cari tahu kapabilitas titik akses

Saat memilih titik akses mana yang akan digunakan dan berapa banyak bandwidth yang akan ditransfer, Anda harus terlebih dahulu menentukan kemampuan dan spesifikasi perangkat AP itu sendiri. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, seperti throughput dan kapasitas maksimum perangkat atau jumlah pengguna yang dapat dihubungkan ke satu perangkat dalam satu waktu. Coba gunakan hanya 80% dari total kapasitas perangkat untuk kinerja yang optimal.

Jika Anda perlu menggunakan hingga 100% kapasitas, Anda dapat meningkatkan kinerja Wi-Fi dengan menyesuaikan alokasi bandwidth untuk setiap pengguna (lihat tutorial tentang mengonfigurasi manajemen pengguna titik akses).

2. Lokasi penempatan access point

Langkah pertama yang perlu dipertimbangkan adalah menyiapkan titik akses itu sendiri. Hal ini dikarenakan kawasan AP juga dipengaruhi oleh jalur konstruksi. Jika ruang kantor Anda berantakan, letakkan Titik Akses di lokasi yang terlihat. Jangan letakkan titik akses di dekat penyangga yang dapat memantulkan sinyal seperti dinding bata dan besi, lemari tinggi, dll.

3. Atur frekuensinya

Saat memasang beberapa perangkat AP di ruangan yang sama, langkah-langkah harus diambil untuk menghindari interferensi antara titik akses yang dapat mencegah distribusi koneksi Internet yang berhasil. Pastikan untuk menggunakan saluran yang berbeda (bebas interferensi) pada setiap titik akses yang berdekatan. Untuk menggunakan saluran tersebut, disarankan untuk menggunakan saluran 1 – 6 – 11 seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah ini.

4. Pengaturan perutean domain

Jika Anda menggunakan titik akses dual-band, dua frekuensi didukung, 2.4GHz dan 5GHz. Untuk performa maksimum, Band Steering harus diaktifkan. Perutean pita sendiri merupakan fitur yang dapat menyebabkan perangkat pengguna terhubung ke jaringan 5GHz dan membiarkan jaringan 2.4GHz tersedia untuk perangkat atau gadget pengguna lain yang hanya dapat mendukung frekuensi tersebut. 2,4 GHz; Dengan demikian, kinerja Wi-Fi dapat ditingkatkan untuk semua pengguna.

5. Kirimkan parameter daya

Banyak yang percaya bahwa jika kami meningkatkan daya TX, kami dapat menghasilkan jarak transmisi yang lebih jauh. Tapi yang perlu Anda pahami, nirkabel adalah pemancar dan penerima dua arah. Artinya selain membutuhkan daya pancar yang tinggi, juga dibutuhkan receiver yang sensitif (kepekaan receiver).

Oleh karena itu, tidak masuk akal untuk memaksimalkan daya transmisi, tetapi baik penerima maupun gadget tidak dapat mengakses sinyal. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengaturan daya pancar (transmit power) yang memadai sesuai dengan daya tangkap perangkat pengguna yang digunakan.

6. Dukungan untuk pengaturan lama

Dalam beberapa kasus, secara default, beberapa versi titik akses terbaru tidak mendukung perangkat atau gadget pengguna sebelumnya. Oleh karena itu, Anda perlu mengkonfigurasi AP perangkat agar tetap dapat mendukung perangkat / gadget lawas, seperti perangkat yang masih memiliki spesifikasi 802.11B / G.

Namun, jika Anda memilih untuk mengaktifkan pengaturan ini, itu akan menurunkan kinerja titik akses. Penurunan ini juga akan bergantung pada banyaknya perangkat pengguna yang terhubung.

Jadi, inilah beberapa tip untuk meningkatkan pengaturan WiFi dalam ruangan Anda. semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *